Tidak Berlebihan Dalam Makan Adalah Kunci Makan Sehat

Kunci dasar untuk setiap diet sehat adalah jumlah yang tidak berlebihan. Tapi apa makanan yang jumlahnya tidak perlu berlebihan? Berapa jumlah yang tidak berlebihan? Itu benar-benar tergantung pada Anda dan kebiasaan makan Anda secara keseluruhan. Tujuan dari makan sehat adalah untuk mengembangkan diet yang Anda dapat terapkan seumur hidup, bukan hanya beberapa minggu atau bulan, atau sampai Anda telah mencapai berat badan ideal Anda. Jadi cobalah untuk tidak berlebihan sehingga selalu berada dalam keseimbangan. Walaupun beberapa fakta diet perlu kita perhatikan, kita semua memerlukan keseimbangan karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral untuk mempertahankan tubuh yang sehat.


coklat disusun segi empat
Sumber : Creative Ideas-Facebook
Bagi kebanyakan kita, tidak berlebihan atau keseimbangan berarti makan kurang dari yang kita lakukan sekarang. Lebih khusus lagi, berarti makan jauh lebih sedikit makanan yang tidak sehat (misalnya gula, lemak jenuh) dan memperbanyak makanan sehat (seperti buah dan sayuran segar).


"Tapi itu tidak berarti menghilangkan makanan yang Anda sukai."

Makan daging untuk sarapan seminggu sekali, misalnya, bisa dianggap tidak berlebihan jika Anda menjalankan menu makan siang dan makan malam yang sehat -tapi tidak jika Anda menjalankannya dengan sekotak donat, pizza atau sosis. Jika sore Anda makan cokelat 100 kalori, seimbangkan dengan mengurangi makan malam Anda 100 kalori. Jika Anda masih lapar, isi tambahan dengan sajian sayuran segar.


Cobalah untuk tidak memikirkan makanan tertentu "terbatas." Ketika Anda berpantang untuk makanan atau kelompok makanan tertentu, adalah wajar untuk menginginkan makanan tersebut lebih banyak, lalu merasa gagal jika Anda menyerah pada godaan. Jika Anda tertarik pada makanan manis, asin, atau tidak sehat, mulailah dengan mengurangi porsi ukuran dan tidak sering makan. Kemudian Anda dapat menemukan keinginan makan menjadi kurang atau hanya memikirkan makan sesekali sebagai cobaan.

Pikirkan porsi yang lebih kecil. Ketika makan di luar, pilih makanan pembuka daripada hidangan, berbagi lauk dengan teman, dan jangan pesan makanan berukuran besar. Di rumah, gunakan piring yang lebih kecil sehingga penyajian juga lebih kecil. Jika Anda belum merasa puas setelah makan, coba tambahkan sajian sayuran berdaun hijau atau tutup makan dengan buah segar. Persyaratan visual dapat membantu penyusunan porsi ukuran makan Anda seperti sajian daging, ikan, atau ayam seharusnya berukuran sebesar setumpuk kartu, sepotong roti seharusnya sebesar ukuran kotak CD, dan setengah cangkir kentang tumbuk, beras, atau pasta adalah sebesar ukuran bola lampu kecil.

Disadur dari http://www.helpguide.org/life/healthy_eating_diet.htm
Share on Google Plus

Tentang 1Diet Oleh Admin Novi

Berbagi cara menurunkan berat badan secara sehat dan Tips memilih makanan untuk kualitas hidup lebih baik. Situs https://1dietok.blogspot.com menyediakan informasi secara lengkap dan mudah dipahami.