Bagaimana Susu Tinggi Antioksidan Melawan Radikal Bebas?

Bahaya radikal bebas
Tanpa disadari begitu banyak pemicu radikal bebas yang menyerang kita setiap hari. 
Pemicu radikal bebas tersebut berasal antara lain dari paparan: 
- polusi pabrik, rokok dan emisi kendaraan bermotor
- sinar ultraviolet matahari dan ozone
- bahan-bahan kimia dan obat-obatan
melukis di susu menyerupai bruce lee
Bruce Lee Ilustrasi
Dalam tubuh akibat paparan zat kimia, polusi dan radiasi dapat terbentuk radikal bebas yang kemudian mencuri elektron sel tubuh dan merusak struktur sel dan DNA-nya.

Kerusakan struktur sel ini berpotensi menyebabkan:
  • meningkatkan risiko jantung koroner
  • kanker
  • penuaan dini
  • penurunan fungsi kognitif
  • pikun 
  • katarak
Tip menangkal radikal bebas
- Konsumsi nutrisi dengan antioksidan.
- Sebisa mungkin hindari paparan zat kimia, polusi, asap rokok dan radiasi.
- Olahraga secara rutin setiap hari sesuai faktor umur serta kemampuan fisik, minimal jalan kaki pagi hari.
- Istirahat yang cukup dan hindari stres.

Cegah Efek Radikal Bebas dengan Susu Tinggi Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang dibutuhkan tubuh untuk menetralisir radikal bebas dan banyak ditemukan di sayuran, buah-buahan segar dan susu tinggi antioksidan.
Di dalam tubuh, antioksidan akan bereaksi dengan radikal bebas untuk menghasilkan ikatan yang stabil dan tidak membahayakan. Begitu pula saat masuk ke pembuluh darah, antioksidan akan bereaksi dengan radikal bebas dan berpotensi mencegah terjadinya penimbunan lemak jahat penyebab jantung koroner. 
Berikut mekanismenya
  1. Radikal bebas masuk ke pembuluh darah
  2. Membuat lemak jahat melekat di dinding pembuluh darah
  3. Menyebabkan penimbunan lemak jahat (LDL)
  4. Menghambat aliran darah ke jantung
  5. Antioksidan masuk ke pembuluh darah
  6. Bereaksi dan menetralisir radikal bebas
  7. Mencegah penimbunan lemak jahat (LDL) penyebab jantung koroner

Sumber: 
- Dickinson, Annete, Ph. D., Benefit of Antioxidant May Help Protect Against Heart Disease, Council of Responsible Nutrition, June, 2002.
- L Tribble, Diane, Ph. D., Antioxidant Consumption And Risk of Coronary Heart Disease: Emphasis on Vitamin C, E and Beta-Carotine, Nutrition Committee. 

Share on Google Plus

Tentang 1Diet Oleh Admin Novi

Berbagi cara menurunkan berat badan secara sehat dan Tips memilih makanan untuk kualitas hidup lebih baik. Situs https://1dietok.blogspot.com menyediakan informasi secara lengkap dan mudah dipahami.