Tips Diet Sehat Sesuai Cara Islam

1. Diet halal sesuai hukum islam
Beberapa agama memiliki ajaran yang mengatur apa pengikutnya bisa dan tidak bisa makan. Muslim mengikuti diet halal, atau makanan yang diperbolehkan sesuai hukum Islam. Makanan yang dilarang adalah haram artinya tidak boleh dimakan sedikit apapun. Makanan yang dilarang yaitu daging dari hewan yang disembelih dengan tidak mengucapkan nama Tuhan seperti daging hewan sesajian,  bangkai binatang, hewan karnivora, semua babi dan produk babi adalah haram, darah serta alkohol, hewan yang telah dicekik, dipukuli (sampai mati), tewas karena jatuh, ditanduk (mati), dibantai oleh binatang buas (kecuali matinya disembelih oleh manusia). Non-Muslim mungkin berpikir bahwa diet halal berarti makan vegetarian jika teman-teman Muslim mereka menolak daging pada saat makan. 

Beberapa Muslim memilih untuk tidak makan daging karena mereka tidak bisa memastikan daging tersebut halal atau tidak.
pemandangan hamparan sawah pada saat matahari terbit

Akan tetapi, semua daging seperti ayam, daging sapi, domba, kambing, ikan dapat dimakan asalkan dipersiapkan sesuai hukum islam dan tidak terkontaminasi oleh makanan haram. 
Disadur dari: http://m.askmen.com/sports/foodcourt_200/223_eating_well.html

2. Diet seimbang dan sehat
Suatu diet seimbang dan sehat merupakan bagian dari kehidupan Islam dengan melakukan perbuatan sehat dan seimbang baik dari perspektif fisik maupun spiritual.
Al-Qur'an, kitab suci umat islam, menyebutkan beberapa sumber makanan bergizi. Analisis makanan yang seimbang menunjukkan tersedianya cukup kebutuhan harian untuk protein, karbohidrat, lemak dan vitamin. Makanan yang dimaksud antara lain daging, kurma, susu, zaitun, delima, buah ara, ikan dan madu.
Sebagai contoh diet seimbang dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, Rasulullah biasanya makan mentimun bersama dengan kurma untuk menyeimbangkan yang panas dan dingin. 


3. Diet tidak berlebih-lebihan 
Diet ekstrem tidak dipraktekkan oleh Rasulullah dan tidak dianjurkan dalam Islam.
Melakukan pola diet vegetarian atau hanya beberapa pilihan makanan sebagai pola diet dengan mengesampingkan makanan penting lainnya tidak boleh dipraktekkan oleh seorang Muslim.
Islam sendiri adalah cara hidup seimbang yang bebas dari segala bentuk yang berlebih-lebihan. Diet yang seimbang adalah konsekuensi alami dalam Islam.

Share on Google Plus

Tentang 1Diet Oleh Admin Novi

Berbagi cara menurunkan berat badan secara sehat dan Tips memilih makanan untuk kualitas hidup lebih baik. Situs https://1dietok.blogspot.com menyediakan informasi secara lengkap dan mudah dipahami.