Latihan Relaksasi

Sejujurnya, latihan relaksasi bukan merupakan bagian dari banyak program fitness. Namun dapat mengurangi stres serta meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan. Jadi pertimbangkan menghabiskan waktu untuk kegiatan yang mendorong ketenangan dan relaksasi, seperti kesadaran atau meditasi. Atau hanya bersantai pada gerakan latihan aerobik yang berirama, seperti berjalan, berlari, dan berenang.
Peregangan juga melepaskan otot dan mendorong perasaan ketenangan. Dan beberapa disiplin latihan seperti pilates, yoga, dan tai chi menggabungkan gerakan pengurangan ketegangan dengan fokus mental dan meditasi. Selain meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan, pada prakteknya dapat mengurangi stres, melegakan rasa sakit, dan secara keseluruhan memperoleh rasa menyenangkan.


Berapa Lama
Latihan relaksasi bukan merupakan bagian penting dari rutinitas fitnes Anda, dan panduan fitness saat ini hampir tidak menyertakannya. Tetapi banyak orang menemukan latihan ini berharga. Jika Anda ingin, lakukanlah sehari-hari.
Memulai
Berbagai variasi kegiatan dapat membuat Anda merasa lebih santai dan damai. Beberapa pilihan populer meliputi yoga, tai chi, dan meditasi. Atau mencoba latihan kesadaran yang akan dijelaskan di sini sebagai langkah awal.

perempuan posisi duduk menghadap laut menatap matahari terbenam
coachcalorie.com
Teknik kesadaran adalah teknik relaksasi yang mendorong Anda untuk memperlambat pikiran yang kalut dan menghadapinya seperti menyimpannya. Dicampur dengan latihan berulang dan sederhana, seperti berjalan, berlari, atau berenang, akan melegakan stres secara luar biasa. Dengan melibatkan semua indera Anda sepenuhnya, teknik kesadaran mengajarkan Anda untuk memusatkan perhatian pada apa yang terjadi pada saat ini dan menerimanya tanpa menghakimi. Ini meningkatkan apresiasi Anda pada pengalaman sehari-hari yang sederhana. 

Untuk mengarahkan tubuh dan pikiran Anda agar sesuai dengan teknik kesadaran, cobalah berikut ini:
Fokus pada pernapasan. Saat Anda memulai berjalan, pertama persempit konsentrasi Anda dengan berfokus pada sistem pernapasan Anda: rasakan sensasi udara yang mengalir ke dalam lubang hidung Anda dan keluar dari mulut Anda, perut Anda menggembung pada saat menarik napas dan mengempis pada saat menghembuskan napas. Cobalah menghitung dari satu sampai lima saat Anda menarik napas, kemudian lima sampai satu ketika Anda menghembuskan napas. Lakukan ini selama beberapa menit.
Rasakan pandangan, suara, dan bau di sekitar Anda. Kemudian mulai untuk memperluas fokus Anda. Sementara Anda terus bernapas masuk dan keluar dengan cara yang terukur, buka indera Anda untuk menyadari suara, aroma, dan sensasi. Nikmati dentuman irama kaki pada saat kaki menginjak tanah. Rasakan sentuhan angin dingin atau hangat di wajah Anda, perhatikan bayangan pada saat Anda bergerak, atau berjemur di bawah sinar matahari. Dengarkan suara alam bahkan ketika berjalan di blok kota: kicauan jangkrik, siulan burung, gemerisik daun, dan tiupan angin. Ketika merasakan pernapasan, tubuh, dan lingkungan Anda, Anda akan menyadari lebih jauh daripada contoh-contoh yang dipaparkan.
Terus bernapas dalam-dalam. Sepanjang perjalanan Anda, terus bernapas perlahan dan dalam, namun tetap sepenuhnya sadar.
Cobalah untuk tidak terburu-buru. Lanjutkan perlahan dan dengan kebebasan, libatkan indera Anda sepenuhnya untuk menikmati setiap sensasi. Jika pikiran Anda mulai berkembang, kembali fokus pada pernapasan Anda. Kemudian perluas kesadaran Anda lagi. Pertimbangkan bagaimana Anda merasa secara fisik dan psikologis sebelum, selama, dan setelah melakukan.



Share on Google Plus

Tentang 1Diet Oleh Admin Novi

Berbagi cara menurunkan berat badan secara sehat dan Tips memilih makanan untuk kualitas hidup lebih baik. Situs https://1dietok.blogspot.com menyediakan informasi secara lengkap dan mudah dipahami.