Latihan Keseimbangan

siluet lelaki menghadap laut dan matahari terbenamIndera keseimbangan biasanya memburuk seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini dapat lebih lanjut disebabkan oleh kondisi medis seperti neuropati (komplikasi diabetes) dan obat kemoterapi tertentu dan obat lain, masalah penglihatan yang tidak dapat diperbaiki, atau kurangnya fleksibilitas. 

Kurangnya keseimbangan sering menyebabkan jatuh, yang dapat menyebabkan cedera kepala dan luka permanen atau sementara pada tulang dan sistem saraf. Patah tulang pinggul, khususnya, dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius dan dapat mengganggu kebebasan.


Bukti menunjukkan bahwa orang dewasa berisiko untuk gagal memperoleh manfaat dari kombinasi berjalan, latihan kekuatan, dan kegiatan peningkatan keseimbangan seperti tai chi, yoga, dan pilates. Bahkan berjalan di permukaan yang tidak rata, seperti batu-batuan atau mendaki, membantu meningkatkan keseimbangan dari waktu ke waktu.


Berapa Lama
Orang dewasa berisiko untuk gagal harus mendapatkan 30 menit latihan keseimbangan dan latihan kekuatan otot tiga kali seminggu, ditambah setidaknya 30 menit kegiatan berjalan dua kali atau lebih setiap minggu. Pertimbangkan untuk menambah berjalan dengan tumit-ke-jari dan posisi tunggal kaki untuk pemanasan atau pendinginan dan termasuk latihan yang mendorong keseimbangan dalam program latihan kekuatan.

Memulai
Coba masukkan latihan ini dalam rutinitas latihan kekuatan Anda tiga kali seminggu atau bahkan harian-untuk meningkatkan keseimbangan:
Berjalan tumit-ke-jari. Posisikan tumit Anda tepat di depan jari-jari kaki yang berlawanan setiap kali Anda melangkah. Tumit dan jari kaki harus menyentuh saat Anda berjalan ke depan selama delapan sampai 12 langkah. Jika perlu, mantapkan diri dengan meletakkan satu tangan pada batas meja saat Anda berjalan. Kemudian lakukan latihan tanpa dukungan. Ulangi dua sampai empat kali.
Posisi kaki tunggal. Berdiri dengan satu kaki selama 30 detik. Letakkan kaki Anda ke bawah dan seimbangkan diri sendiri, kemudian ulangi pada kaki yang berlawanan. Lakukan 2-4 kali pada setiap kaki. Jika perlu, berpegang pada sandaran kursi atau meja. Kemudian lakukan latihan tanpa dukungan.

Disadur dari http://www.helpguide.org/harvard/exercise-plan.htm
Share on Google Plus

Tentang 1Diet Oleh Admin Novi

Berbagi cara menurunkan berat badan secara sehat dan Tips memilih makanan untuk kualitas hidup lebih baik. Situs https://1dietok.blogspot.com menyediakan informasi secara lengkap dan mudah dipahami.