Manfaat Olahraga “Mengubah Hidup”

Olahraga tidak hanya tentang kemampuan aerobik dan ukuran otot. Bukan hanya, olahraga dapat memperbaiki kesehatan dan tubuh Anda, akan tetapi memiliki manfaat yang lebih besar untuk energi, suasana hati, dan kekuatan otak Anda. 
pintu berfungsi sebagai meja lipat pingpong
Sumber : www.onemillionpicture.com

Suatu studi dalam Journal Kesehatan & Kebugaran ACSM bertanya pada orang-orang yang melakukan olahraga jangka panjang (mereka yang telah secara rutin berolahraga selama rata-rata 13 tahun) apa yang memotivasi mereka untuk terus berolahraga. Bukannya termotivasi misalnya karena membangun otot atau meratakan perut mereka, sebagian besar dari mereka karena perasaan senang yang mereka peroleh dari olahraga, seiring dengan peningkatan semangat dan energi, dan bagaimana olahraga membantu tidur lebih baik dan membuat mereka lebih santai. Yang penting untuk diingat adalah bahwa manfaat tersebut dapat dicapai tanpa menghabiskan berjam-jam di gym, memompa bobot atau berjalan di atas treadmill. 

Olahraga ringan sampai sedang dapat meningkatkan kualitas hidup karena:
Meringankan stres dan kecemasan. Naik sepeda selama dua puluh menit tidak akan menghilangkan masalah kehidupan, tetapi berolahraga secara teratur membantu Anda mengontrol kecemasan dan mengurangi stres. Olahraga aerobik melepaskan hormon yang mengurangi stres dan meningkatkan ketentraman.
Meningkatkan suasana hati. Olahraga dapat mengobati depresi ringan sampai sedang seefektif obat antidepresan. Olahraga juga melepaskan endorfin, bahan kimia kuat dalam otak yang memberikan energi agar bersemangat dan membuat Anda merasa baik.

Mengasah kemampuan otak. Endorfin yang sama yang membuat Anda merasa lebih baik juga membantu Anda berkonsentrasi dan membuat mental lebih tajam saat melaksanakan tugas. Olahraga juga merangsang pertumbuhan sel-sel otak baru dan membantu mencegah penurunan tubuh akibat usia.
Meningkatkan harga diri. Kegiatan rutin merupakan investasi dalam pikiran, tubuh, dan jiwa Anda. Ketika hal itu menjadi kebiasaan, dapat menumbuhkan rasa harga diri serta membuat Anda merasa kuat dan mampu.
Meningkatkan energi. Meningkatnya detak jantung beberapa kali dalam seminggu akan memberi lebih banyak energi dalam bergerak. Mulailah dengan hanya beberapa menit olahraga dalam sehari, dan meningkatkan olahraga perlahan-lahan pada saat Anda merasa lebih berenergi.

Share on Google Plus

Tentang 1Diet Oleh Admin Novi

Berbagi cara menurunkan berat badan secara sehat dan Tips memilih makanan untuk kualitas hidup lebih baik. Situs https://1dietok.blogspot.com menyediakan informasi secara lengkap dan mudah dipahami.