Tips 2 Berolahraga Mudah: Mulai Perlahan & Sedikit-sedikit Lebih Baik Daripada Tidak Sama Sekali

Ketika kita memutuskan memulai berolahraga, banyak dari kita akan pergi terburu-buru dan bergabung dengan gym atau membeli peralatan olahraga yang mahal dengan bersumpah akan berolahraga setiap hari. Kita mungkin pergi ke gym sekali atau dua kali, menggunakan peralatan beberapa kali dan kemudian dengan cepat kehilangan motivasi. Lalu keanggotaan gym tertutupi debu dan peralatan olahraga disimpan di bagian belakang lemari.
-->
penari menari menyerupai seribu tangan
Sumber: www.onemillionpicture.com
Olahraga tidak perlu menjadi semua atau tidak berkomitmen sama sekali. Jika Anda belum pernah melaksanakan olahraga sebelumnya atau Anda sudah mencoba program olahraga di masa lalu dan tidak mampu tetap melaksanakannya, penting untuk tidak menetapkan tujuan yang tidak realistis. Berkomitmen untuk berolahraga selama satu jam sehari di gym mungkin terlalu menantang pada awalnya, sedangkan berkomitmen selama 10 menit, tiga atau empat kali seminggu lebih mudah dilakukan. Setelah kegiatan singkat ini menjadi kebiasaan dan Anda mulai merasakan manfaat, lebih mudah untuk maju ke tingkatan berikutnya.

Tips memulai program olahraga
Mulai dengan perlahan. Mulailah dengan kegiatan yang Anda rasa nyaman, mulai dengan kecepatan Anda sendiri, dan tetap jaga agar harapan realistis. Sebagai contoh, lari maraton ketika Anda belum pernah menjalankan sama sekali sebelumnya mungkin sedikit menakutkan, tapi Anda bisa menetapkan tujuan berpartisipasi untuk beramal.
Fokus pada tujuan jangka pendek, seperti meningkatkan mood dan tingkat energi serta mengurangi stres, daripada tujuan seperti penurunan berat badan atau peningkatan ukuran otot, karena hal ini memakan waktu lebih lama untuk dicapai.
Jadikan olahraga sebagai prioritas. Dengan membuat olahraga sebagai prioritas dalam hidup merupakan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan fisik dan mental, sehingga Anda lebih mungkin untuk tetap melakukannya dalam jangka panjang. Jika Anda memiliki kesulitan menyesuaikan olahraga ke dalam jadwal Anda, anggap olahraga merupakan janji penting dengan diri sendiri dan tandai pada agenda harian Anda. Berkomitmen sesuai jadwal olahraga selama setidaknya 3 atau 4 minggu sehingga menjadi kebiasaan, dan paksakan diri tetap melaksanakannya. Bahkan dalam situasi yang paling sibuk pun, kita dapat menemukan celah 10 menit untuk mondar-mandir tangga kantor atau berjalan kaki sebentar.


Berlaku  lembut pada diri sendiri. Apakah Anda merasa buruk mengenai tubuh Anda? Alih-alih menjadi kritikus terburuk Anda sendiri, cobalah cara baru berpikir tentang tubuh Anda. Tidak peduli apapun berat badan, usia, atau tingkat kebugaran Anda, ada orang lain seperti Anda dengan tujuan yang sama yaitu berolahraga. Cobalah berkumpul dengan orang-orang yang mengalami hal yang mirip dengan Anda. Ambil kelas fitness dengan orang lain pada tingkat kebugaran yang sama. Tetapkan tujuan mudah untuk diri sendiri pada saat memulai. Mencapai tujuan olahraga yang terkecil pun akan membantu Anda mendapatkan kepercayaan diri.
Mengharapkan pasang surut. Jangan berkecil hati jika Anda melewatkan beberapa hari atau bahkan beberapa minggu. Hal ini terjadi. Hanya dengan memulai lagi dan perlahan-lahan Anda mulai kembali ke momentum lama.
Silakan baca artikel terkait 'Tips 3 Berolahraga Mudah : Membuat Olahraga Jadi Menyenangkan'
Disadur dari : http://www.helpguide.org/life/exercise.htm
Share on Google Plus

Tentang 1Diet Oleh Admin Novi

Berbagi cara menurunkan berat badan secara sehat dan Tips memilih makanan untuk kualitas hidup lebih baik. Situs https://1dietok.blogspot.com menyediakan informasi secara lengkap dan mudah dipahami.