Memetik Manfaat Dari Olahraga Lebih Mudah Daripada Yang Anda Pikirkan

Untuk menuai keuntungan dari olahraga, Anda tidak perlu menghabiskan waktu berlama-lama di hari sibuk Anda seperti olahraga di gym, berember keringat, atau lari monoton bermil-mil. Anda dapat menuai semua manfaat kesehatan fisik dan mental dengan berolahraga tidak berlebih-lebihan selama 30 menit lima kali seminggu. Dua sesi olahraga 15 menit juga dapat dilakukan.


foto terbalik melayang di angkasa
Sumber: www.onemillionpicture.com
Jika semuanya masih tampak menakutkan, jangan putus asa. Bahkan hanya beberapa menit aktivitas fisik lebih baik daripada tidak sama sekali. Jika Anda tidak punya waktu selama 15 atau 30 menit olahraga, atau jika tubuh Anda memberitahu agar beristirahat setelah 5 atau 10 menit, misalnya, juga tidak apa-apa. Mulailah dengan sesi 5 atau 10 menit dan perlahan-lahan tingkatkan waktu Anda. 
Semakin banyak Anda berolahraga, semakin banyak energi yang Anda miliki, sehingga akhirnya Anda akan merasa lebih siap lagi. Kuncinya adalah berkomitmen melakukan beberapa aktivitas fisik yang tidak berlebih-lebihan, walaupun sedikit, hampir setiap hari. Ketika olahraga menjadi kebiasaan, secara perlahan-lahan Anda dapat menambah waktu lebih atau mencoba berbagai jenis kegiatan. Jika Anda terus melakukannya, manfaat olahraga akan mulai kelihatan.

Olahraga tidak berlebih-lebihan berarti dua hal:
  • Ketika Anda bernapas sedikit lebih berat dari biasanya, tetapi tidak kehabisan napas. Misalnya, Anda tetap dapat berbincang dengan partner berjalan Anda, tapi tidak mudah menyanyikan satu lagu.
  • Ketika tubuh Anda terasa lebih hangat saat Anda bergerak, tapi tidak terlalu panas atau sangat berkeringat.
Apakah saya perlu jenis olahraga yang berbeda?
Hampir semua jenis olahraga menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa, tetapi jenis olahraga berbeda lebih fokus pada aspek-aspek kesehatan tertentu. Anda dapat berkonsentrasi pada satu jenis olahraga atau campuran untuk menambah variasi olahraga sehingga memperluas manfaat kesehatan.
Kegiatan aerobik seperti berlari, bersepeda, dan berenang memperkuat jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh.
Latihan kekuatan seperti angkat berat atau latihan ketahanan membangun otot dan massa tulang, meningkatkan keseimbangan dan mencegah jatuh. Ini salah satu cara terbaik mencegah kerapuhan di usia tua.
Latihan fleksibilitas seperti peregangan dan yoga membantu mencegah cedera, meningkatkan jangkauan gerak, mengurangi kekakuan, dan membatasi rasa sakit dan nyeri.

Silakan baca artikel terkait 'Hambatan Untuk Olahraga, Apa Yang Menahan Anda?'
Share on Google Plus

Tentang 1Diet Oleh Admin Novi

Berbagi cara menurunkan berat badan secara sehat dan Tips memilih makanan untuk kualitas hidup lebih baik. Situs https://1dietok.blogspot.com menyediakan informasi secara lengkap dan mudah dipahami.