Kebenaran Tentang Lemak Makanan Dan Kolesterol

Kolesterol adalah suatu zat lemak  seperti lilin yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik. Tetapi ketika  kolestrol terlalu banyak, dapat memiliki dampak negatif bagi kesehatan.
telur dilukis angry bird
Sumber : Creative Ideas - Facebook

Kolesterol berasal dari dua sumber: tubuh dan makanan. Tubuh (khususnya, hati) menghasilkan beberapa kolesterol yang Anda butuhkan secara alami. Tapi Anda juga memperoleh kolesterol langsung dari produk hewani yang Anda makan, seperti telur, daging, dan susu. Bersama-sama, kedua sumber berkontribusi terhadap kadar kolesterol darah Anda.

Kolesterol baik vs buruk
Sama seperti lemak makanan, ada jenis kolesterol yang baik dan buruk. Kolesterol HDL adalah jenis kolesterol "baik" yang ditemukan dalam darah Anda. Kolesterol LDL adalah jenis yang "buruk". Kuncinya adalah untuk menjaga kadar LDL rendah, sementara, sebaliknya, HDL rendah dapat menjadi penanda peningkatan risiko kardiovaskular. Kadar kolesterol HDL yang tinggi dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung dan stroke, sementara kolesterol LDL yang tingkatannya tinggi dapat menyumbat arteri, yang meningkatkan risiko kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa hanya ada hubungan yang lemah antara jumlah kolesterol yang dimakan dan kadar kolesterol dalam darah. Pengaruh terbesar dalam kolesterol total dan LDL adalah jenis lemak yang Anda makan, bukan diet Anda. Jadi daripada menghitung kolesterol, lebih baik fokus pada mengganti lemak jahat dengan lemak baik.
  • Lemak tak jenuh tunggal menurunkan tingkat kolesterol total dan buruk (LDL), sedangkan meningkatkan kolesterol baik (HDL).
  • Lemak tak jenuh ganda menurunkan trigliserida dan melawan peradangan.
  • Lemak jenuh meningkatkan kolesterol darah.
  • Lemak trans bahkan lebih buruk daripada lemak jenuh, karena mereka tidak hanya meningkatkan kolesterol LDL yang jahat, tetapi juga menurunkan kolesterol HDL yang baik.
Disadur dari : http://www.helpguide.org/life/healthy_diet_fats.htm
Share on Google Plus

Tentang 1Diet Oleh Admin Novi

Berbagi cara menurunkan berat badan secara sehat dan Tips memilih makanan untuk kualitas hidup lebih baik. Situs https://1dietok.blogspot.com menyediakan informasi secara lengkap dan mudah dipahami.