Tips Lancar Menjalani Puasa Bagi Segala Usia

Dokter Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan tip agar lancar menjalani puasa secara umum untuk segala usia :
  • Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Karena dua asupan tsb membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tidak menyebabkan dehidrasi.
  • Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.
  • Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan memakan kurma kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.
  • Konsumsi pisang saat berbuka baik bagi tubuh Anda, sebab pisang merupakan sumber kalium, magnesium dan 



  • Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tubuh. Hal ini karena seorang yang sudah di usia lanjut cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan perlemakan, seperti penyakit jantung koroner dan hipertensi.
  • Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini bisa cepat mendatangkan rasa haus ditengah Anda menjalani puasa nantinya.
  • Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh agar Anda lebih lancar beraktivitas esok harinya.
  • Hindari terlalu banyak minum es, karena memudahkan Anda kenyang. Dimana asupan makanan gizi yang lengkap akan menurun karena tak bisa diserap masuk dalam tubuh.


Semoga bermanfaat.
Selamat menjalankan Ibadah Puasa.           



Share on Google Plus

Tentang 1Diet Oleh Sweet

Berbagi cara menurunkan berat badan secara sehat dan Tips memilih makanan untuk kualitas hidup lebih baik. Situs https://1dietok.blogspot.com menyediakan informasi secara lengkap dan mudah dipahami.