10 Mitos Tentang Makan Sehat Yang Perlu Anda Ketahui

Masyarakat sekarang ini sering mengembangkan prasangka dan asumsi sendiri untuk beberapa diet yang paling populer. Kadang-kadang, prasangka diet sehat tersebut hanya mitos dan tidak terbukti kebenarannya secara medis tapi tetap saja hal tersebut sulit disingkirkan. Berikut beberapa diet sehat yang ternyata hanya mitos dan sering diikuti oleh masyarakat :
Mitos : Jus bermanfaat seperti buahnya
Kandungan Jus memiliki serat sedikit. Jumlah vitamin dan mineral lebih rendah yang terdapat dalam jus daripada buahnya sendiri. Oleh karenanya, lebih baik anda makan buah segar jika bisa.

bermacam-macam buah tropis
Mitos : Buah dan sayur tidak dapat dimakan setelah masuk kulkas
Teknologi pendinginan modern memperbolehkan anda mengawetkan semua jenis makanan dengan menjaga unsur-unsurnya tetap sehat.
Mitos : Lemak berbahaya
Lemak dianggap berbahaya untuk kesehatan dan bentuk tubuh, tetapi tidak sebenarnya tepat. Anda tidak dapat mencerna makanan tanpa lemak. Lemak membantu metabolisme vitamin A dan E. Jika tidak terdapat lemak dalam tubuh, maka tubuh akan berhenti memproduksi hormon. Kekurangan lemak dapat membuat kulit lebih cepat tua. Juga dapat menyebabkan kerusakan hati. Oleh karenanya anda sebaiknya mengkonsumsi minyak sayur tapi tidak mengecualikannya sama sekali. Yang terbaik dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat atau tidak sehat seperti sosis, mayonnaise, kue kek, dll.
Mitos : Sushi dan gulungan/roll sushi merupakan makanan diet
Jika anda hanya makan sushi dan roll sushi, anda mungkin tidak akan tambah berat badan. Bagaimanapun juga saus kecap, mayonnaise dan keju berlemak yang terkandung dalam produk akan menambah berat badan anda.
 Mitos : Makan setelah jam 6 pm buruk bagi kesehatan anda
Banyak yang menyangka makan malam setelah jam 6 malam tidak sehat. Masyarakat pada saat ini tidur lebih lambat dari nenek moyangnya. Jika anda percaya dan menerapkan aturan ini, anda akan kelaparan sehingga merusak kesehatan anda. Kenyataannya jangan makan 3 jam sebelum anda tidur dan usahakan makan malam dengan lauk yang ringan.
Mitos : Snack atau makanan ringan tidak sehat
Snack memang perlu. Jika anda peduli dengan kesehatan, anda perlu meningkatkan energi dari waktu ke waktu. Bagaimanapun penambahan ini seharusnya seimbang, misalnya kadang-kadang beberapa buah atau kacang.
Mitos : Semua makanan organik sehat
Produk yang ditandai organik, yaitu tanpa GMO (Genetically Modified Organisms), pestisida, atau aditif biasanya tidak berbeda dengan produk sejenis kecuali lebih mahal.
Mitos : Karbohidrat seharusnya dihindari
Terdapat karbohidrat sederhanan dan kompleks. Anda dapat menjumpai karbohidrat pada gula, coklat, madu, selai, makanan dan minuman manis, roti putih serta kentang. Bagaimanapun jika anda ingin makan sehat maka konsumsi lebih kompleks karbohidrat seperti gandum, kacang, beri, dan sayur. 
bermacam-macam sayuran


Mitos : Nutrisi terpisah dapat membantu anda kehilangan berat
Enzim yang diproduksi dalam sistem pencernaan mampu menangani protein, lemak dan karbohidrat dalam satu waktu. Tidak ada studi yang mendukung jika anda mengkonsumsi bahan-bahan nutrisi tersebut secara terpisah akan membantu diet anda. Diet yang dijalani dengan memisahkan bahan nutrisi seperti ini biasanya akan menurunkan konsumsi energi sehingga berat badan akan turun.
Mitos : Roti coklat lebih bagus daripada roti putih.
Jika roti coklat, belum tentu roti memiliki banyak serat. Warna coklat tersebut karena caramel yang terdapat dalam adonan. Energi yang terkandung dalam roti coklat sama saja dengan roti putih yang menandakan anda dapat memperoleh berat yang sama saja. Roti yang sehat yaitu roti renyah atau semuanya gandum.

Share on Google Plus

Tentang 1Diet Oleh Admin Novi

Berbagi cara menurunkan berat badan secara sehat dan Tips memilih makanan untuk kualitas hidup lebih baik. Situs https://1dietok.blogspot.com menyediakan informasi secara lengkap dan mudah dipahami.